Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaruh Sk Kenaikan Honor Terpola Terhadap Pertolongan Porfesi Guru

Alkhamdulillah, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengetahui apa imbas SK Kenaikan Gaji Berkala (SKKGB) terhadap Tunjangan Profesi Guru. Hal ini alasannya ialah di dalam pengecekan data guru yang terkait tunjangan profesi guru pada website P2TK ada instrument wacana Gaji Berkala. Untuk sedikit memahami wacana hal itu terlebih dahulu saya akan cari tahu wacana Kenaikan Gaji Berkala dan Tunjangan Profesi Guru.

 pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengetahui apa imbas SK Kenaikan Gaji Berkala Pengaruh SK Kenaikan Gaji Berkala Terhadap Tunjangan Porfesi Guru
Info PTK 2015

Pengertian Kenaikan Gaji Berkala (KGB)

Dasar Hukum
Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 wacana Peraturan Gaji PNS sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2012.

Pengertian Kenaikan Gaji Berkala
Kenaikan honor terencana ialah kenaikan honor yang diberikan kepada PNS yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan honor terencana yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku;
Kenaikan honor terencana untuk pertama kali bagi seorang PNS yang diangkat dalam golongan I, II, III diberikan sehabis mempunyai masa kerja 2 (dua) tahun semenjak diangkat menjadi calon PNS dan selanjutnya 2 (dua) tahun sekali, kecuali untuk PNS yang pertama kali diangkat dalam golongan II/a diberikan kenaikan honor terencana pertama kali sehabis mempunyai masa kerja 1 (satu) tahun dan selanjutnya setiap 2 (dua) tahun sekali.  Hal ini merupakan bentuk penghargaan negara dalam hal peningkatan kesejateraan pegawai yang bersangkutan.

 pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengetahui apa imbas SK Kenaikan Gaji Berkala Pengaruh SK Kenaikan Gaji Berkala Terhadap Tunjangan Porfesi Guru
Contoh SK KGB

Pengertian Tunjangan Profesi Guru

Tunjangan profesi guru adalah tunjangan yang diberikan kepada guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) yang mempunyai Sertifikat Pendidik,sedangkan Bantuan tunjangan profesi guru ialah subsidi tunjangan yang diberikan kepada guru berstatus bukan Pegawai Negeri Sipil (NON-PNS) yang mempunyai akta pendidik. Pemberian tunjangan profesi dan santunan tunjangan profesi bertujuan untuk meningkatkan motivasi, profesionalisme dan kinerja serta kesejahteraan guru dalam rangka meningkatkan kualitas proses berguru mengajar dan prestasi berguru penerima didik. Sebagai persyaratan untuk pencairan tunjangan Profesi guru (KEPUTUSAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NO.73 TAHUN 2011) antara lain yang pertama : Memiliki Sertifikat Pendidik, kedua : Memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG) dari Kementerian Pendidikan Nasional,ketiga :Aktif melaksanakan kiprah sebagai guru atau pengawas,keempat :Mengajar,melaksanakan kiprah bimbingan atau elakukan pengawasan sesuai dengan akta Pendidik yang dimilikinya,kelima : Memenuhi beban kerja sebagaimana ditetapkan oleh Direktorat Jenderal terkait,keenam : berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun dan yang ke tujuh : Ditetapkan sebagai Guru Profesional oleh Direktur Jenderal yang terkait atau pejabat yang ditunjuk.
 pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengetahui apa imbas SK Kenaikan Gaji Berkala Pengaruh SK Kenaikan Gaji Berkala Terhadap Tunjangan Porfesi Guru
SK TPG 2013

Besarnya tunjangan profesi dan santunan tunjangan profesi guru/pengawas yang pertama : Guru PNS dan Pengawas diberikan tunjangan sebesar honor pokok per bulan sedangkan guru bukan PNS yang belum disetarakan dengan kualifikasi akademik,pangkat, dan masa kerja yang berlaku bagi guru PNS diberikan santunan tunjangan profesi sebesar Rp 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per bulan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Tunjangan profesi dan santunan tunjangan profesi guru/pengawas dibayarkan mulai bulai januari tahun berikutnya,terhitung semenjak tanggal yang bersangkutan dinyatakan lulus ujian sertifikasi guru sebagaimana yang tercantum dalam akta pendidik dan memperoleh Nomor Registrasi Guru (NRG). Pembayaran tunjangan profesi dan santunan tunjangan profesi guru/pengawas tidak boleh apabila : pertama : Meninggal dunia,kedua memasuki usia 60 k d(enam puluh) tahun atau pensiun, ketiga : berhalangan tetap sehingga tidak sanggup menjalankan kiprah sebagai guru,keempat : beralih kiprah atau mutasi dari jabatan fungsional guru/pengawas ke jabatan lain,kelima:tidak lagi menjalankan kiprah sebgai guru/pegawas di Kementerian Agama,keenam : tidak memenuhi beban kerja minimal yang ditentukan,serta tidak lagi memenuhi criteria dan persyaratan yang diatur dalam ketentuan. Penghentian pembayaran tunjangan profesi atau santunan tunjangan profesi guru/pengawas dinyatakan dengan surat keputusan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota atau Kepala satuan kerja lainnya yang menjadi pelaksana pembayaran tunjangan profesi. Prosedur pembayaran tunjangan profesi guru /pengawas ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)pad masing masing satker yang terkait sesuai dengan peraturan perundang undangan, Kepala Madrasah Negeri wajib melaksanakan verifikasi terhadap usulan dan kelengkapan berkas pengajuan pembayaran tunjangan profesi guru berpedoman pada peraturan Menteri Keuangan nomor : 164/PMK.05/2010 wacana tata cara Pembayaran Tunjangan Profesi Guru.

Permohonan pembayaran tunjangan profesi kepada Pejabat Pembuat Komitmen dengan melampirkan , pertama : Foto copy kenaikan honor terencana atau dokumen yang sah menawarkan honor terakhir (bagai PNS), kedua Foto copy akta pendidik yang dilegalisir oleh LPTK/PT yang menerbitkannya, ketiga Asli Surat Keterangan telah memenuhi Beban kerja (SKBK) dengan ketentuan Guru PNS yang satuan manajemen pangkalnya Madrasah Negeri maka SKBK diterbitkan oleh Kepala Madrasah yang bersangkutan, dan SKBK diterbitkan setiap enam bulan (satu semester) atau sesuai dengan kalender akademik yang berlaku, dalam hal guru yang bersangkutan mengajar dibeberapa Madrasah/Sekolah SKBK diterbitkan menurut Surat Keterangan Menjalankan Tugas (SKMT) yang diterbitkan oleh Kepala satuan pendidikan formal yang bersangkutan dan diketahui oleh Pengawas,serta melampirkan rekening bank yang masih berlaku.


Kesimpulan
Dari uraian diatas sanggup saya simpulkan bahwa SK KGB akan kuat terhadap nomilal Tunjangan Profesi Guru alasannya ialah SK KGB memutuskan/menentukan honor pokok gres Pegawawai dalam hal ini guru.
Demikian, atas kekurangannya mohon maaf. Koreksi dari pembaca sangat kami harapkan untuk postingan ini, dan biar bermanfaaat.


Referensi:
+ https://duniapendidikand.blogspot.com//search?q=
+ http://bkd.baritokualakab.go.id/kgb.php
+ http://ntb.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=213623