Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Konservasi Dan Macam-Macam Pola Konservasi Serta Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Berikut ini yaitu pembahasan wacana konservasi, pengertian konservasi, macam macam konservasi, rujukan konservasi, jenis jenis konservasi, Konservasi keanekaragaman hayati sebagai bentuk upaya pelestarian keanekaragaman hayati, upaya pelestarian lingkungan, konservasi sumber daya alam, pengertian konservasi lingkungan.

Pengertian Konservasi

Konservasi keanekaragaman hayati adalah upaya pengelolaan sumber daya hayati untuk menjamin kelangsungan hidup insan di masa kini dan masa mendatang.
Konservasi mencakup tiga hal, yaitu:

a) Perlindungan, berarti melindungi proses ekologis dan sistem penyangga kehidupan.

b) Pelestarian, berarti melestarikan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati.

c) Pemanfaatan, berarti memanfaatkan secara bijaksana sumber daya alam dan lingkungannya.

Macam-macam Contoh Bantuk Konservasi Alam

Tempat konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia yang telah diresmikan pemerintah, contohnya berupa cagar alam, suaka margasatwa, hutan lindung, taman laut, taman hutan raya, dan kebun raya.

a) Taman Nasional

Taman nasional mempunyai fungsi sebagai proteksi terhadap sistem penyangga kehidupan dan proteksi terhadap binatang dan tumbuhan serta pelestarian sumber daya alam. Selain itu juga, taman nasional penting untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya, dan rekreasi.
Contoh: Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh, Taman Nasional Komodo di pulau Komodo, dan Taman Nasional Kepulauan Seribu.

b) Cagar Alam

Cagar alam adalah tempat proteksi alam yang mempunyai ciri khas, yaitu tumbuhan dan binatang yang perkembangannya diserahkan pada alam.
Contoh: Cagar Alam Rafflesia di Bengkulu, Cagar Alam Kawah Ijen di Jawa Timur, dan Cagar Alam Gunung Krakatau di Lampung.

c) Taman Laut

Taman bahari adalah wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan alam yang diperuntukkan guna melindungi keanekaragaman hayati di lautan. 
Contoh: Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara.

d) Kebun Raya

Kebun Raya yaitu kumpulan tumbuh-tumbuhan di suatu tempat yang berasal dari banyak sekali daerah untuk tujuan konservasi, ilmu pengetahuan, dan rekreasi. 
Contoh: Kebun Raya Bogor, kebun raya kuningan, kebun raya cibodas, kebun raya baturaden.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana konservasi Pengertian Konservasi dan Macam-macam Contoh Konservasi serta Upaya Pelestarian keanekaragaman Hayati
Gambar: Kebun Raya Bogor

e) Membuat Undang-undang wacana lingkungan hidup

Dasar aturan pelaksanaan aturan lingkungan di Indonesia yaitu UU No. 23 tahun 1997 wacana pengelolaan Lingkungan Hidup.

f) Perlindungan terhadap pencemaran (polusi)

Setiap perencanaan dan aktivitas yang sanggup mengakibatkan pengaruh terhadap lingkungan hidup, wajib mempunyai Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sehingga sanggup diketahui secara akurat pengaruh dari suatu perjuangan atau kegiatan, baik aktual maupun negatif serta langkah apa yang sanggup ditempuh untuk menanggulanginya.

g) Kalpataru

Kalpataru merupakan sumbangan penghargaan terhadap perintis lingkungan hidup, penyelamat lingkungan hidup, dan pengabdi lingkungan hidup.

Sumber https://www.berpendidikan.com