Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam-Macam Gerak

Seorang penumpang melaksanakan perjalanan dengan memakai bus kota. Menurutmu, apakah ia melaksanakan gerak? Ia bersama-sama tidak melaksanakan gerak, tetapi hanya berpindah daerah alasannya ada pergerakan dari bus.

Pengertian Gerak

Bagi orang-orang di luar bus, penumpang tersebut dianggap melaksanakan gerak, tetapi bagi orang-orang yang berada di dalam bus itu, ia tidak melaksanakan gerak berpindah. Dengan demikian, bergerak atau tidaknya objek bergantung pada asal kedudukannya.

Berdasarkan uraian tersebut, suatu benda dikatakan bergerak apabila kedudukan atau posisinya berubah terhadap sesuatu yang diam. Sesuatu yang membisu yang dijadikan contoh bergerak atau tidak bergeraknya benda, disebut titik acuan.

Dengan demikian, gerak bersifat relatif alasannya menurut satu contoh suatu benda dikatakan bergerak, sedangkan oleh contoh lainnya suatu benda dikatakan tidak bergerak.

Macam-macam Gerak

Gerak terdiri atas dua macam, yakni gerak nyata dan gerak semu.

Gerak aktual atau gerak sebenarnya merupakan gerak yang benar-benar terjadi alasannya ada perubahan dari titik acuan.

Contohnya ketika berangkat ke sekolah, kau melihat seseorang mengendarai motor, seseorang mengendarai mobil, dan orang berjalan menuju suatu tempat.
Seorang penumpang melaksanakan perjalanan dengan memakai bus kota Pengertian dan Macam-macam Gerak
Gambar: Contoh Gerak Semu

Sedangkan gerak semu yakni gerak dimana suatu benda yang membisu tampak seperti bergerak contohnya apabila kita mengendarai mobil, pohon-pohon yang kita lalui seolah-olah turut bergerak.

Menurut arah geraknya, gerak terdiri dari gerak lurus (gerak lurus beraturan/glb dan gerak lurus berubah beraturan/glbb), gerak parabola, dan gerak melingkar. Demikian pembahasan sekilas wacana pengertian gerak dan macam-macamnya.

Baca juga: Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan
Sumber https://www.berpendidikan.com